Sabtu, 05 November 2011

MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA

Bisa menyelesaikan tugas adalah salah satu faktor kunci sukses penting untuk kebanyakan pegawai. Tugas yang harus diselesaikan itu mungkin proses yang kompleks atau tugas sederhana. Tapi keduanya memerlukan pemikiran, perencanaan, dan waktu untuk penyelesaian. Berikut, langkah-langkah sederhana yang harus dilakukan.

Langkah 1 : Pikirkan untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Langkah ini dimulai dengan pendekatan dan sikap mental positif. Berapa kali kamu terjebak dalam situasi tidak produktif ? Atau terjadi pesta kasihan di dalam pikiran kamu ? Berpikir saja tidak menyelesaikan apa pun dan pikiran negatif memperlambat atau menghentikan aksi.

Kenapa pikiran positif menghasilkan produktivitas, usahakan untuk keluar dari pikiran negatif. Buat janji dengan diri sendiri untuk khusus memikirkan pikiran negatif tersebut. Sistem ini akan membebaskan kamu untuk menjadi lebih produktif. Selain itu, pusatkan fokus selama janji tersebut akan membantu mencairkan kekuatan negatif yang bertahan di dalam pikiran.

Langkah  2  :  Tulis Rencana di Kertas

Buat rencana sederhana untuk meningkatkan kemungkinan pencapaian. Tuliskan karena menulis meningkatkan komitmen pribadi dan menghasilkan catatan.

Golongkan masalah dan item menjadi :
  • Peluang yang menciptakan pertumbuhan
  • Masalah yang jika diselesaikan bisa menciptakan peluang-peluang baru atau hanya mengeluarkan beban dari pikiran
  • Dust, yaitu hal-hal yang harus dijaga seperti filing, membayar tagihan atau laporan pengeluaran. Masalah dust akan ada terus, apa pun yang kamu lakukan
Buat Rencana yang :
  • Fokus pada peluang-peluang
  • Menyelesaikan masalah-masalah
  • Menciptakan sistem yang efisien untuk dust
  • Digolongkan dan diprioritaskan menurut tingkat kepentingan untuk kamu atau bos
  • Tetapkan waktu untuk menciptakan rasa urgency akan waktu untuk membantu mencegah penundaan
  • Punya alat ukur untuk hasil.
Langkah  3  :  Cari Waktu untuk Menyelesaikan

Semua orang mempunyai jumlah waktu yang sama dalam seminggu : 168 jam, tapi sebagian orang dapat menyelesaikan lebih banyak dibanding yang lain.

Untuk Menambahkan jam ke dalam hari kamu :
  • Bangun lebih pagi, pulang lebih lambat atau keduanya
  • Fokus pada prioritas-prioritas
  • Belajar berkata ya pada aksi yang membantu kamu mencapai tujuan dan tidak pada yang tidak, kecuali jika bos mengatakan lain
  • Gunakan deadline yang ditetapkan diri sendiri untuk meningkatkan kecepatan
  • Rapi sehingga kamu dapat mencari sesuatu dalam waktu 3 menit. Aturannya begitu
  • Kerjakan tugas yang paling sulit di saat kondisi kamu paling baik. Maksimalkan ritme tubuh kamu. Orang pagi bekerja paling baik di pagi hari, orang malam bekerja paling baik di sore atau malam hari
Langkah  4  :  Ambil Tindakan

Setiap tindakan dan aktivitas harus menghasilkan kontribusi positif pada rencana anda. Jika sulit memulai, tetapkan waktu untuk memulai dan pastikan kamu mulai bertindak, kendati pun sedang tidak mood atau tak ingin kerja. Sering terjadi, motivasi kamu akan mengejar tindakan kamu.

Sulit tetap termotivasi ? Salah satu motivator terkuat adalah periksa hal-hal yang sudah diselesaikan dan lihat hasilnya. Catat tanggal penyelesaian tugas untuk membantu mengukur perkembangan kecepatan. Dan kamu sudah menyelesaikan tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar