Senin, 07 November 2011

TIPS KOMUNIKASI EFEKTIF DI KANTOR

Bagaiman supaya kamu sukses berkomunikasi di kantor ? Berikut tipsnya
  • 1. Berpikirlah sebelum kamu menyampaikan pesan
Jangan cepat-cepat atau buru-buru menyampaikan pesan. Berpikirlah sebelum kamu menyampaikan sesuatu. Jangan sampai perkataan kamu membuat rekan kerja tersinggung, kecewa, depresi, atau stres. Berpikirlah terlebih dahulu, sebelum berbicara.
  • 2. Mengetahui apa yang dikatakan
Anda harus tahu persis apa yang akan dikatakan dan mengapa mengatakannya, sebelum benar-benar mengatakannya. Jangan sampai apa yang kamu minta beda dengan apa yang kamu katakan.
  • 3. Mengetahui dengan siapa kamu berbicara
Sesuaikanlah apa yang akan kamu katakan dengan situasi yang dihadapi. Oleh karena itu sebelum kamu berkomunikasi, sebaiknya kita mengetahui siapa yang akan di hadapi, bagaimana situasinya, bagaimana kondisinya, dsb. Bedakan antara bicara dengan rekan kerja atau bawahan kamu
  •  4. Perhatikan nada suara dan pilihan kata
Ingatlah bahwa cara kita mengatakan sesuatu melalui nada dan pemilihan kata-kata, benar-benar mempunyai makna yang sama seperti hal yang ingin kita sampaikan. Nada yang lembut untuk keakraban atau nada yang keras untuk memberi perintah dan ketegasan perlu dipikirkan sebelumnya. Pilihlah kata yang runtut dan komunikatif agar dapat diterima dengan baik oleh si penerima.
  • 5. Perhatikan gerak tubuh kamu
Gerak tubuh kamu jangan sampai menutupi atau mengganggu proses komunikasi. Tataplah mata lawan bicara dan gunakan tangan untuk menunjuk gambar, dsb.
  • 6. Perhatikan kebutuhan pendengar
Saat kamu berbicara ketahuilah kebutuhan yang mendengar. Kalau itu urusan kantor yang mendesak katakanlah apa yang akan dikerjakan itu berkaitan dengan omzet atau masa depan seluruh kantor, sehingga pesan kita lebih mudah diingat oleh mereka.
  • 7. Dapatkanlah Umpan Balik
Setelah memberi instruksi dapatkan umpan balik dari pendengar untuk meyakinkan diri bahwa pesan telah dimengerti atau diterima. Pancinglah pendengar atau lawan bicara kita untuk memberi umpan balik. Umpan balik yang negatif sekalipun, akan berguna untuk kita memperbaiki diri kita.
  • 8. Berpengaruh jangka panjang
Jangan sampai komunikasi kamu dengan rekan kerja putus karena suatu instruksi yang salah dimengertinya. Ingatlah kamu akan bergaul dengan dia dalam waktu yang panjang di kantor, jadi perhatikan nada suara supaya tidak menyinggung,dll.
  • 9. Kata dan perbuatan harus sejalan
Janganlah mengatakan sesuatu apabila kita tidak melakukannya. Kita harus mendukung kata-kata kita dengan tindakan.
  • 10. Belajarlah menjadi seorang pendengar yang baik
Jangan hanya kamu yang meminta terus tapi dengarkanlah masukan darinya. Menjalin hubungan baik lebih berguna dari sekedar sebuah instruksi. Hubungan baik akan membuat rekan kerja melakukan banyak hal dengan sukarela

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, maka segala bentuk kesalahpahaman yang terjadi di lingkungan kantor dapat dihindari. Kesalahpahaman itu terjadi hanya karena apa yang dimengerti tidak sama dengan apa yang disampaikan.

Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar